Sabtu, 20 April 2024

Uni Eropa Sesalkan Kelanjutan Serangan Israel di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Bendera Uni Eropa berkibar di luar markas Komisi UE di Brussels, Belgia pada 17 Juni 2022. Foto: Reuters

Josep Borrell kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa menyampaikan rasa kecewa atas kelanjutan serangan Israel di Jalur Gaza.

Dilansir dari Antara pada Minggu (3/12/2023), Borrell menekankan kewajiban Israel untuk menghormati hukum humaniter internasional dan hukum perang. Di mana ia menggambarkan bahwa bukan hanya kewajiban moral, tetapi juga kewajiban hukum.

“Cara Israel menuntut haknya untuk membela diri itu penting. Tapi, penting juga bagi Israel untuk menghormati Hukum Humaniter Internasional dan hukum perang,” tulis Borrell di akun media sosial X.

Pernyataannya itu disampaikan setelah tentara Israel melanjutkan serangan di Gaza menyusul pernyataan diakhirinya jeda kemanusiaan pada Jumat (1/12/2023) pagi.

Sedikitnya 178 warga Palestina telah tewas dan 589 luka-luka akibat serangan Israel pada Jumat, menurut Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza.

Serangan ini juga disesalkan Borrell, karena ia khawatir jumlah korban tewas yang sudah tinggi akan terus meningkat.

“(Solusinya) tidak cukup dengan melanjutkan jeda kemanusiaan, perlu juga upaya menemukan solusi politik komprehensif bagi seluruh wilayah Palestina,” tegasnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version