Jumat, 10 Mei 2024

Universitas Ciputra Catatkan Rekor Muri BMC Terbanyak oleh Mahasiswa Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Andre Purwandono Senior Customer Relations Manager Muri menyerahkan penghargaan kepada Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Rektor Universitas Ciputra di Ciputra World Surabaya pada Jumat (1/9/2023). Foto : Dovan magang suarasurabaya.net Andre Purwandono Senior Customer Relations Manager Muri menyerahkan penghargaan kepada Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Rektor Universitas Ciputra di Ciputra World Surabaya pada Jumat (1/9/2023). Foto : Dovan magang suarasurabaya.net

Universitas Ciputra Surabaya mencatatkan rekor baru Business Model Canvas (BMC) terbanyak yang pernah dibuat oleh mahasiswa baru. Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) mencatat total ada 1.307 BMC.

Penghargaan diserahkan Andre Purwandono Senior Customer Relations Manager Muri kepada Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Rektor Universitas Ciputra di Ciputra World Surabaya pada Jumat (1/9/2023).

Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Rektor Universitas Ciputra, mengatakan penugasan pembuatan BMC ini merupakan momentum pembelajaran untuk membentuk DNA entrepreneur mahasiswa.

“Nanti di dalam pembelajaran 4 tahun di organisasi Ciputra, mereka akan membuat banyak sekali BMC. Ini adalah sebuah cara untuk berpikir” ujarnya.

Andre Purwandono Senior Customer Relations Manager Muri menyebut bahwa ini adalah pertama kalinya universitas di Indonesia membuat BMC terbanyak yang dibuat oleh mahasiswa baru.

“Uniknya, belum pernah ada universitas mana pun yang membuat rekor seperti ini. Universitas Ciputra Surabaya yang merupakan yang pertama kali,” pungkasnya

Novi Rosita Head Student Leadership and Development Universitas Ciputra, memaparkan bahwa masa orientasi siswa ini bertujuan menyambut dan mempersiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi pribadi mandiri.

“O-Week untuk memfasilitasi proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk menempuh pendidikan baik secara akademik dan non akademik di perguruan tinggi,” terang Novi.

Menurutnya, dengan mengangkat tema Erudite yang berarti memiliki atau menunjukkan pengetahuan atau kemampuan belajar, UC merancang Orientation Week atau O-Week agar sejak awal mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan motivasi untuk terus menjadi pembelajar seumur hidup.

“Kami menjadikan Outcome Based Education dan Problem Based Learning sebagai learning approach sehingga sejak masa orientasi mahasiswa sudah dipersiapkan untuk bekerja dalam team, bekerjasama dalam keberagaman untuk menuntaskan proyek atau penugasan yang diberikan.” ujarnya

Universitas Ciputra menggelar O-Week selama 5 hari, dan pada hari ke 5 ini, mahasiswa baru yang sebelumnya sudah dibekali dengan materi Business Model Canvas (BMC).Mereka memajang hasil BMC di BMC Maze yang berlokasi di Mini Atrium First Floor Ciputra World Surabaya. (dvn/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs