Sabtu, 2 Maret 2024

Warga Gagalkan Dua Aksi Pencurian di Gubeng dan Manyar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi pencurian motor. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Dua aksi pencurian di Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur berhasil digagalkan oleh warga pada Senin (24/7/2023). Satu di antaranya merupakan upaya pencurian sepeda motor.

Iptu Kusmianto Kanitreskrim Polsek Gubeng mengungkapkan, upaya pencurian pertama terjadi di Jalan Gubeng Kertajaya 8C pada Senin siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Ada dua pelaku yang berusaha mencuri sepeda motor milik Tuti Ariani tersebut. Mereka bernama Rokib dan Evan. Kata Kusmianto, Rokib bertindak sebagai eksekutor dan Evan sebagai driver sekaligus pengawas keadaan.

Kusmianto mengungkapkan, salah satu pelaku bernama Rokib sudah sudah dua kali beraksi. Pertama di Keputih pada Juni 2023 dan kedua di Bulak Banteng pada awal Juli.

“Aksi ketiganya ini di Gubeng Kertajaya ini dan berhasil diamankan oleh warga,” ujar Kusmianto saat mengudara di Suara Surabaya pada Senin malam.

Sedangkan satu pelaku lainnya, yakni Evan baru sekali ini beraksi. Evan mengaku diajak Rokib dalam upaya pencurian di Gubeng Kertajaya ini. “Alasannya kebutuhan ekonomi, untuk membayar kos-kosan,” sebutnya.

Kusmianto mengungkapkan, kedua pelaku tersebut memang sempat dimassa oleh warga. Namun mereka masih selamat dan hanya mengalami luka-luka.

Saat ini pihak Polsek Gubeng masih melakukan proses pendalaman terhadap keduanya. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan anak kunci T dan alat lain yang digunakan untuk merusak rumah kunci sepeda motor milik korban.

Sementara itu, pencurian kedua terjadi di salah satu toko kelontong milik Sugianto di kawasan Manyar Sambongan pada Senin siang.

Kusmianto mengungkapkan, pelaku berpura-pura membeli rokok. Ketika penjaga meninggalkan toko untuk mengantar barang, pelaku memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil uang di laci toko tersebut.

Setelah mengambil uang, pelaku langsung meninggalkan toko. Tak berselang lama, pemilik toko melihat pelaku membawa uang yang langsung dimasukkan ke saku.

Ketika pemilik toko coba menghentikannya, pelaku justru kabur. Seketika pemilik toko berteriak minta tolong. Teriakan ini didengar warga dan pelaku langsung diamankan. Pelaku sudah diserahkan ke Polsek Gubeng untuk dilakukan pemeriksaan.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap menjadi polisi untuk dirinya sendiri. Tetap waspada terhadap barang miliknya. Harus diawasi agar tidak terjadi tidak pidana pencurian,” pesan Kusmianto. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
28o
Kurs