Kamis, 2 Mei 2024

Warga Surabaya Diimbau Tidak Panik atas Temuan Cacar Monyet di Jakarta

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tabung mini hasil pengujian sampel cacar monyet. Foto: Reuters

Dinas Kesehatan (Disnkes) Kota Surabaya mengimbau warga tidak panik serta tidak menyebarkan berita bohong di sosial media usai temuan kasus cacar monyet atau Monkeypox di Jakarta.

Nanik Sukristina Kepala Dinkes Kota Surabaya menyebut, penyakit cacar monyet sudah tidak masuk dalam kategori Kedaruratan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KMMD) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Atau biasa disebut Public Health Emergency of International Concern (PHEIC), sehingga kasus cacar monyet dianggap sebagai kasus dengan penanganan penyakit biasa,” jelas Nanik pada Rabu (18/10/2023).

Meski begitu, jika ditemukan kasus di Surabaya, lanjut Nanik, akan dirujuk ke rumah sakit yang siap menangani Monkeypox, yakni RSUD Dr. Soetomo.

“Dan ditangani sesuai dengan petunjuk teknis atau pedoman yang berlaku,” tambahnya.

Nanik minta warga tidak panik apalagi membangun stigma dan menyebarkan berita bohong.

“Mengurangi kepanikan dan stigmatisasi serta tidak menyebarkan berita hoaks melalui media sosial, dan lain-lain (yang harus dilakukan masyarakat),” ucapnya.

Dinkes juga tetap mengimbau masyarakat untuk mengantisipai. Caranya menghindari kontak langsung dengan hewan penular.

Selain itu juga menghindari konsumsi atau menangani daging hewan liar tanpa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir lengkap dengan sabun, memakai masker, serta menyediakan hand sanitizer ketika bepergian keluar rumah.

“Biasakan mengonsumsi daging yang sudah dimasak dengan benar. Kemudian pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah terjangkit segera memeriksakan dirinya jika mengalami gejala dan menginformasikan riwayat perjalanannya. Lalu hindari kontak tatap muka atau kontak fisik dengan siapa saja yang memiliki gejala atau barang terkontaminasi,” terangnya.

Sementara penularan Monkeypox, sambung Nanik, bisa lewat hewan atau manusia terinfeksi, bahkan benda yang terkontaminasi.

“Di mana virus masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seks, termasuk ciuman, sentuhan, seks oral dan penetrasi, kemudian kulit yang luka atau terbuka, saluran pernapasan atau selaput lendir mata, hidung, atau mulut, droplet dan cairan tubuh, pakaian, tempat tidur, handuk atau peralatan makan yang telah terkontaminasi virus dari orang yang terinfeksi,” tandasnya. (lta/saf/ISS)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs