Kamis, 2 Mei 2024

Wisata Puncak B29 Lumajang Ditutup Sementara Akibat Meluasnya Karhutla Bromo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Puncak B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: KSM Tour

Objek wisata Puncak B29 di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim) ditutup sementara akibat meluasnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Kebakaran hutan di kawasan TNBTS semakin meluas, sehingga demi keamanan dan keselamatan wisatawan maka kami menutup objek wisata B29 sejak hari ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Yuli Harismawati Kepala Dinas Pariwisata Lumajang, Jumat (1/9/2023) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, titik api yang terpantau tersebut sudah meluas ke kawasan P30 dan Blok Jantur. Semak belukar dan ilalang yang kering dengan cuaca yang cukup panas serta angin kencang, membuat api menjalar dengan cepat.

“Bahkan, api dikabarkan sudah mulai menjalar menuju kawasan wisata B29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sehingga kami tutup objek wisata itu demi keselamatan pengunjung,” tuturnya.

Yuli menjelaskan penutupan kawasan objek wisata di atas awan tersebut, juga untuk memaksimalkan penanganan petugas gabungan dalam memadamkan kebakaran yang berada di kawasan TNBTS.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyampaikan informasi terkait dengan penutupan objek wisata B29 tersebut, namun kami belum bisa memastikan kapan B29 akan dibuka kembali karena melihat situasi dan kondisi kebakaran itu,” katanya.

Dia berharap petugas gabungan bisa memadamkan karhutla di kawasan TNBTS, sehingga objek wisata B29 bisa kembali dibuka untuk masyarakat umum karena selama ini tren kunjungan ke objek wisata tersebut meningkat pascapandemi Covid-19.

Untuk diketahui, Puncak B29 merupakan salah satu objek wisata alam di Lumajang yang sangat indah dan menakjubkan.

Objek wisata itu bahkan terkenal dengan sebutan “Negeri di Atas Awan” karena dari puncak bukit terlihat pemandangan hamparan awan putih dan seolah-olah sedang berada di atas awan putih.

Objek wisata ini terletak di bukit sebelah sisi tenggara kawasan wisata Gunung Bromo dan merupakan puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo dengan ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl). (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs