Jumat, 19 Juli 2024

Ahli Gizi Imbau Penderita Kolesterol Cermati Pilihan Daging Kurban

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Puluhan petugas di RPH Surabaya kemasi daging kurban dalam wadah untuk didistribusikan, Kamis (29/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Lia Efritanurika ahli gizi dari RSUD Kota Tangerang mengingatkan penderita kolesterol untuk lebih cermat dalam memilih daging hewan kurban yang dikonsumsi saat Iduladha.

Lia menegaskan, penderita kolesterol tetap diperbolehkan mengkonsumsi daging kurban, terutama sapi. Akan tetapi, mereka dianjurkan untuk senantiasa memerhatikan kandungan lemak daging tersebut.

“Bukan berarti tidak boleh mengonsumsi daging sapi sama sekali, hanya saja memang perlu batasan. Apalagi konsumsi daging sapi memiliki manfaat untuk keseimbangan gizi,” katanya dilansir Antara, Sabtu (15/6/2024).

Dia menuturkan, konsumsi daging merah seperti sapi dan kambing memiliki banyak manfaat seperti kandungan protein hewani, zat besi, vitamin B12, selenium, hingga zinc yang semuanya itu dibutuhkan oleh tubuh, bahkan kandungan lemaknya.

Akan tetapi, untuk penderita kolesterol, Lia menyarankan memilih daging bagian tenderloin. Pasalnya daging tenderloin merupakan bagian yang paling rendah lemak.

Selain memilih bagian daging yang tepat, ia juga mengingatkan pentingnya memerhatikan cara pengolahan daging agar kandungan gizinya tidak berkurang atau bahkan hilang.

“Jika ingin daging ada dalam nutrisi yang bagus, akan lebih baik kalau kita mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Itu akan lebih terjaga kandungan gizinya dibandingkan dengan digoreng yang justru akan meningkatkan kandungan lemak pada daging,” ujarnya.

Daging sebaiknya dimasak hingga matang sempurna dan bukan setengah matang atau terlalu matang. Pasalnya daging yang dimasak terlalu matang dikhawatirkan akan mengurangi atau bahkan menghilangkan zat gizi pada daging.

“Ciri-ciri daging yang cook well itu bisa dilihat dari warnanya, yakni berwarna kecoklatan tapi tidak sampai coklat tua atau gosong. Kemudian daging mudah dan lembut saat dipotong, dan pastikan tidak ada bagian daging yang masih berwarna merah, itu artinya daging belum matang,” terangnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
30o
Kurs