Jumat, 21 Juni 2024

Aktivitas Penyeberangan Situbondo ke Madura dan Lembar Tutup Sementara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gerbang masuk Pelabuhan Jangkar Situbondo. Foto: Antara

Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo ditutup sementara untuk aktivitas penyeberangan dari Situbondo-Madura dan Situbondo-Lembar setelah mendapatkan peringatan cuaca buruk dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Eko Rochman Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo, pada Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jatim mengatakan, sesuai surat edaran dari BMKG , pelabuhan penyeberangan dari Situbondo ke beberapa kepulauan di Madura dan Situbondo ke Lembar di Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup sementara karena cuaca buruk.

“Memang benar penutupan sementara aktivitas penyeberangan sejak Rabu (13/3/2024) sore kemarin. Berdasarkan pemberitahuan dari BMKG cuaca buruk di kepulauan Madura masuk zona merah dan bahkan ketinggian ombak dua meter sampai dengan tiga meter,” kata Eko dilansir Antara, Kamis (14/3/2024).

Tak terkecuali aktivitas penyeberangan dari Situbondo ke Lembar (NTB), juga ditutup sementara atau aktivitas pelayaran ditunda karena lintasan ke Nusa Tenggara Barat itu kecepatan angin lebih dari 30 knot dan ombak mencapai tiga meter.

Oleh karena itu, penutupan sementara pelabuhan penyeberangan dari Situbondo ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep (Madura) dan tujuan Lembar (NTB) untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, mengingat cuaca buruk diperkirakan sampai dengan Jumat (15/3/2024) besok.

“Jadi, kami menunggu informasi lebih lanjut dari BMKG. Informasi yang kami terima cuaca buruk kemungkinan dua hari atau sampai Jumat besok,” katanya.

Lebih lanjut, kata Eko, terkait aktivitas pelayaran kapal feri dari Lembar (NTB) maupun dari beberapa kepulauan Madura, juga ditunda. (ant/sya/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs