Minggu, 28 April 2024

Bapanas: Beras SPHP Tetap Disalurkan Meski Bantuan Pangan Dihentikan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arief Prasetyo Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas). Foto: Antara

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan beras dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) akan tetap disalurkan meski bantuan pangan dihentikan sementara hingga akhir Pemilu 2024.

Arief Prasetyo Adi Kepala Bapanas mengatakan program tersebut harus tetap dijalankan guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, serta memastikan ketersediaan stok beras di pasaran.

“Saya sudah sampaikan ke Dirut Bulog untuk menghentikan sementara bantuan pangan beras kepada masyarakat dari 8 sampai 14 Februari, tetapi kegiatan-kegiatan lain untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan masih tetap dijalankan, karena beras ini kebutuhannya dalam 1 bulan ada 2,6 juta ton yang diperlukan masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2/2024), dikutip Antara.

Ia memastikan, baik program beras SPHP maupun bantuan pangan yang disalurkan oleh pihaknya sama sekali tidak memiliki kepentingan politik di Pilpres 2024.

Justru menurut dia, penyaluran tersebut ditujukan untuk menjadi bantalan ekonomi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Percayalah bahwa tidak mungkin kami melakukan itu, kita harus jaga sama-sama. SPHP itu target penyaluran di tahun ini 1,2 juta ton, dan dalam kemasannya memuat logo Bapanas dan Perum Bulog, sehingga masyarakat secara luas juga bisa saling mengawasi, bahwa beras ini adalah beras pemerintah,” ujarnya.

Ia menyampaikan bantuan beras SPHP terbukti turut membantu perekonomian nasional untuk tetap menjaga inflasi di level rendah yakni hanya 2,57 persen, serta membantu masyarakat menengah ke bawah untuk tetap bisa membeli beras.

Adapun harga beras SPHP di zona satu yakni Rp10.900 per kilogram, zona dua Rp11.500 per kilogram, serta zona tiga Rp11.800 per kilogram

Sebelumnya pada Rabu (7/2/2024), Arief mengatakan penyaluran bantuan pangan beras dihentikan sementara pada 8-14 Februari 2024 untuk menghormati berbagai tahapan pemilu dan mendukung kelancaran pesta demokrasi tersebut.

Arief, mengatakan penghentian bantuan pangan jelang masa tenang dan pencoblosan suara Pemilu 2024 ini juga sekaligus menegaskan bahwa tidak ada politisasi bantuan pangan.

“Bantuan pangan pemerintah dihentikan sementara karena memang tidak ada politisasi bantuan pangan. Dihentikan sementara untuk menghormati Pemilu dan pemutakhiran data,” kata Arief. (ant/azw/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs