Senin, 17 Juni 2024

BMKG: Cuaca Hujan Sedang Hingga Lebat Diprakirakan Terjadi di Sebagian Jawa Timur

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sabtu (25/5/2024) memberikan peringatan dini supaya mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Cuaca ini diprakirakan terjadi di wilayah Mojokerto, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo pada siang hingga sore hari. Demikian keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu.

Sedangkan secara umum prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur hari ini pada pagi hari cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang. Siang hingga sore diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Pada malam hari cerah, dan berawan, serta pada dini hari diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut.

Suhu udara berkisar 21 – 34 derajat Celcius. Kelembapan udara 50 – 95 persen. Angin dominan dari Tenggara – Selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Sementara itu BMKG Maritim Tanjung Perak menginformasikan, cuaca secara umum sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur cenderung berawan.

Arah angin didominasi dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim 18 knots (33 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.4-1.5 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.3 meter.(ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs