Kamis, 30 Mei 2024

BMKG Ingatkan Risiko Hujan Lebat di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Hujan lebat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Indonesia pada Rabu (24/4/2024).

Melansir Antara, hujan lebat akan mengguyur wilayah Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara.

Peringatan yang sama juga diberikan di Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara.

Sementara itu, BMKG juga memberikan peringatan dini akan risiko hujan lebat disertai petir di Aceh, Kalimantan Timur, Lampung, dan Maluku Utara.

BMKG menjelaskan, risiko hujan petir diperkirakan melanda Jawa Barat, Kalimantan Barat.

Adapun Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai kilat dan petir.

Selain itu pada pagi hari, hujan diprakirakan membasahi wilayah Surabaya, Palangkaraya, Tarakan, Mataram. Sedangkan Pekanbaru diperkirakan berkabut.

​​​Sejumlah kota diperkirakan akan diguyur hujan petir pada siang, yaitu Jambi, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Bandar Lampung. Pada waktu yang sama, Gorontalo diperkirakan hujan lebat, dan Kendari diperkirakan hujan sedang.

Pada malam hari cuaca juga diperkirakan cerah atau cerah berawan di sebagian besar wilayah Indonesia, namun ada risiko hujan ringan di Denpasar, Bengkulu, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Mataram, dan Medan.

Kupang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari, selain itu Padang juga diperkirakan berawan sepanjang hari dan cerah berawan pada siang hari, dan Jayapura diperkirakan berawan sepanjang hari.

Sementara itu di Jakarta, mayoritas pada pagi hari mengalami cerah berawan dan hujan ringan hingga sedang pada siang hari.

Bergeser ke malam hari, seluruh wilayah diperkirakan cerah berawan, dan dini hari semua wilayah berawan, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang berisiko hujan ringan. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs