Jumat, 19 Juli 2024

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Membasahi 18 Provinsi di Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hujan diprakirakan membasahi sejumlah kota. Siapkan payung dan jas hujan Anda! Foto: Getty Images

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak 18 provinsi di Indonesia diguyur hujan lebat pada Kamis (20/6/2024) hari ini.

Dilansir dari Antara, daerah yang berpotensi diterjang hujan lebat itu adalah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai turunnya hujan yang disertai petir dan kilat di sejumlah daerah, yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Hujan disertai petir dan kilat juga diperkirakan mengguyur Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

Ada pula peringatan mengenai hujan yang disertai dampak seperti banjir yang dapat melanda daerah Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai kemunculan angin kencang di wilayah Aceh, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs