Kamis, 2 Mei 2024

BMKG Prakirakan Jawa Timur Hujan Lebat Disertai Angin dan Petir, Perairan Hujan Ringan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di wilayah Jawa Timur pada Kamis (18/1/2024).

Pada pagi hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Pacitan, Kab. Probolinggo, Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep.

Kemudian Jumat (19/1/2023) dini hari di wilayah Gresik, Kab. Blitar, Kota Kediri dan Sumenep.

Dengan demikian cuaca di wilayah Jawa Timur secara umum sepanjang hari ini diprakirakan bervariasi mulai dari cerah, berawan, hingga hujan.

Adapun suhu udara sepanjang hari diperkirakan di antara 18 – 33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 100 persen, dan angin berembus dominan dari barat daya – selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam

Sementara kondisi cuaca di sebagian wilayah perairan Jawa Timur secara umum berpotensi hujan ringan.

Arah angin didominasi dari barat daya – barat dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 17 knots (31 km/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knot (33 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2 – 0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5 – 1.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.0 meter.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs