Kamis, 2 Mei 2024

BMKG: Sebagian Besar Jatim Berpotensi Hujan Lebat Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: PIxabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat periode 3-18 April di sebagian besar Jawa Timur (Jatim), yang juga bertepatan dengan momen Mudik Lebaran 2024.

Kawasan yang berpotensi hujan lebat dalam periode tersebut, yakni Batu, Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kabupaten/Kota Kediri, Lumajang, Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten/Kota Malang, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kabupaten/Kota Blitar, Jember, Jombang, Lamongan.

Kemudian Kabupaten Pasuruan, Ponorogo, Situbondo, Surabaya, Bangkalan, Gresik, Sidoarjo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten/Kota Mojokerto, Trenggalek, dan Banyuwangi.

Taufiq Hermawan Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Juanda menjelaskan, potensi cuaca itu mengingat sebagian wilayah Jatim saat ini masih pada masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke kemarau.

“Kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya aktifitas gelombang atmsofer yang melintasi wilayah Jawa Timur yakni, Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin,” jelasnya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (3/4/2024).

Dia menambahkan, suhu muka laut di perairan Jatim masih hangat, serta didukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembab, mulai lapisan bawah hingga atas mempengaruhi pembentukan awan-awan konvektif yang masif.

BMKG Juanda menghimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama selama posko lebaran.

“Diharapkan masyarakat lebih mengantisipasi terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang,” jelasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs