Senin, 20 Mei 2024

BNPB Laporkan Banjir di Pasuruan Jawa Timur Telah Surut

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir Pasuruan Tim reaksi cepat BPBD Pasuruan mengevakuasi warga terdampak banjir di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (9/4/2024). Foto: HO-BNPB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir yang melanda Pasuruan, Jawa Timur, surut dan aktivitas sosial ekonomi masyarakat setempat sudah kembali normal.

“Banjir sudah surut,” kata Abdul Muhari Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resmi yang dilansir Antara, Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, banjir tersebut terjadi setelah Pasuruan diguyur hujan intensitas sedang dalam durasi yang panjang mulai dari Selasa (9/4/2024) malam hingga Kamis (11/4/2024).

Kondisi pun semakin diperparah akibat meluapnya aliran Sungai Welang, Sungai Petung, dan Sungai Kedularangan.

Sementara itu, tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasuruan mencatat luapan sungai tersebut membuat ratusan rumah tergenang banjir setinggi 60-70 centimeter.

Adapun wilayah terdampak banjir meliputi wilayah Kecamatan Pohjentrek, Gondangwetang, Bangul, Rembang, Beji, Rejoso, dan Kraton.

“Satu warga Kecamatan Pohjentrek dilaporkan meninggal dunia akibat banjir tersebut,” ujarnya.

Meski demikian, Abdul memastikan kondisi mulai kondusif termasuk arus lalu lintas di Jalan Tambakrejo, Kraton yang sempat tersendat akibat tergenang banjir sudah kembali normal.

Lebih lanjut, tim reaksi cepat BPBD bersama personel kepolisian pun masih bersiaga di lokasi untuk mempercepat tindakan bila terjadi banjir susulan. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs