Senin, 29 April 2024

Jelang Ramadan dan Lebaran, Bulog Pastikan Stok Beras Mencukupi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Proses bongkar muat beras di Gudang Bulog Divisi Regional Jawa Timur, Buduran. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Bayu Krisnamurthi Direktur Utama Perum Bulog menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen siap memenuhi kebutuhan beras masyarakat Indonesia hingga puasa Ramadan dan Lebaran.

“Bulog memiliki ketersediaan stok beras yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya menjelang bulan puasa dan Lebaran,” kata Bayu dilansir Antara pada Selasa (20/2/2024) dini hari.

Bayu menekankan bahwa Bulog saat ini secara rutin menggelontorkan beras ke berbagai saluran distribusi. Baik untuk Program Bantuan Pangan Beras maupun Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Stok beras Bulog saat ini mencapai 1,2 juta ton.

Dia menuturkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, selain menyalurkan bantuan pangan beras alokasi Februari dan persiapan alokasi Maret, Bulog terus mendorong distribusi beras ke berbagai saluran, di antaranya ke Pasar Induk Cipinang, pasar tradisional bahkan ke outlet-outlet ritel modern.

“Jadi, ritel modern pun sudah mulai terpenuhi dalam seminggu terakhir ini, sehingga masyarakat tidak perlu kesulitan dalam mencari beras,” ujarnya.

Bayu Krisnamurthi turut mendampingi Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI dalam penyaluran bantuan beras 10 kilogram kepada keluarga penerima manfaat di Tanggerang Selatan, Banten.

Jokowi menegaskan bahwa program bantuan pangan beras tersebut merupakan salah satu solusi dalam menghadapi situasi perberasan yang saat ini tengah mengalami fluktuasi harga.

Presiden menjelaskan, kenaikan harga ini dipicu kegagalan panen yang disebabkan oleh bencana El Nino di seluruh dunia. Sehingga hal ini berdampak pada kenaikan harga karena jumlah produksi menurun sementara kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung tetap atau bahkan mengalami peningkatan. (ant/ike/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs