Sabtu, 18 Mei 2024

Cuaca Akhir Pekan: Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Cerah Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan di wilayah perairan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) cerah seharian pada akhir pekan ini, Minggu (5/5/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, sebagian besar wilayah Jatim seperti Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) diprakirakan cerah pada pagi hingga malam hari.

Demikian dengan wilayah Tapal Kuda yang terdiri dari Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan (bagian timur), Probolinggo dan Situbondo diprakirakan cerah berawan seharian ini.

Kemudian kawasan perbatasan dengan Jawa Tengah mulai Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Magetan, Ponorogo dan Pacitan berpotensi berawan. Adapun hujan diprakirakan hanya mengguyur kawasan Batu dengan intensitas ringan pada siang hari.

Suhu udara Jatim, hari ini berkisar 16-35 derajat celcius dengan kelembapan udara 55-95 persen. Angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu di wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan secara umum kondisinya cenderung berawan.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (33 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 16 knot (31 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.3 meter. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs