Senin, 20 Mei 2024

Cuaca di Sebagian Wilayah Jatim Diprakirakan Hujan Lebat Akhir Pekan ini

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, pada Sabtu (16/3/2024).

Menurut keterangan BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, cuaca pada pagi, dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Kemudian, pada siang hingga sore, dan malam hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan hingga sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Wilayah yang diprakirakan hujan deras pagi ini adalah Gresik, Lamongan, Tuban, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Selain itu, hujan deras pada siang hingga sore hari juga akan mengguyur Surabaya, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Kota Blitar, Kota Kediri, Batu, Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Kemudian pada malam hari hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sumenep.

Pada dini hari hujan akan turun di wilayah Tuban, Bangkalan dan Sumenep.

Suhu udara akan berkisar antara 16 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65 hingga 100 persen. Angin dominan berhembus dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5 sampai 30 km per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan cuaca di sebagian besar perairan Jawa Timur hari ini berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Barat ke Barat Laut, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 23 knot (42 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 29 knot (62 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.5-1.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-3.0 meter. (azw/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version