Rabu, 17 Juli 2024

Desainer Grafis Asal Surabaya Memenangkan Sayembara Logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Inggrid Wenas desainer grafis asal Surabaya pemenang sayembara Logo HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kementerian Sekretariat Negara, Senin (24/6/2024), meluncurkan logo dan tema resmi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan tanggal 17 Agustus mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, desain logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia terlihat sederhana, berupa angka 7 dan 9 berwarna merah. Sedangkan temanya adalah Nusantara Baru Indonesia Maju.

Desain logo yang terpilih merupakan buah karya Inggrid Wenas anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur.

Lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra itu mengatakan, mulai merancang desain logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia bersama timnya bulan Februari 2024.

Karena sudah biasa mengerjakan projek bareng dan sama-sama mengenal secara teknik desain, Inggrid dan timnya berkontemplasi menggali ide sesuai tema Nusantara Baru Indonesia Maju.

“Semua berawal dari mimpi untuk memberikan yang terbaik, berkontribusi kepada Bangsa dan Negara Indonesia dengan seluruh skill yang kami miliki,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, usai acara peluncuran logo.

Lebih lanjut, dia berharap industri kreatif di Indonesia semakin berkembang, dan anak-anak bangsa yang berbakat semakin dihargai di negeri sendiri.

Terkait logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, sebetulnya ada beberapa desain logo yang masuk fase penilaian akhir.

Lalu, yang menentukan pemenang sayembara logo adalah Joko Widodo Presiden.

Di tempat yang sama, Ritchie Ned Hansel Ketua Umum Asosiasi Desainer Grafis Indonesia menjelaskan, ada enam kelompok di bawah naungan organisasi desainer grafis yang mengikuti sayembara.

Karya-karya yang masuk nominasi juga mendapat bagian dari uang sayembara.

Mengenai hadiahnya, dia menyebut senilai penunjukan langsung vendor pengadaan barang atau jasa.

Merujuk Peraturan Presiden RI Nomor 70 Tahun 2012 beserta petunjuk teknisnya, batas nilai pengadaan langsung non konsultansi yaitu Rp200 juta.

Khusus untuk Inggrid dan timnya yang jadi pemenang sayembara berhak menerima uang sekitar Rp100 juta.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
23o
Kurs