Minggu, 19 Mei 2024

Embarkasi Surabaya Layani 39 Ribu Calon Jemaah Haji dari Indonesia Timur Tahun Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Calon jemaah haji (CJH) untuk Embarkasi Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Embarkasi Surabaya bakal melayani 39.228 calon jemaah haji yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia Timur. Hal itu disampaikan Mufi Imron Rosyadi Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur.

Mufi menyebut jumlah jemaah terbanyak berasal dari Jawa Timur di angka 37.271 orang, kemudian dari Bali sejumlah 732 orang, disusul calon jemaah haji NTT mencapai 659 orang, serta petugas kloter sebanyak 530 orang.

“Rata-rata PPIH Embarkasi akan melayani jemaah yang masuk asrama haji dan keluar untuk berangkat ke Arab Saudi, perhari ada empat sampai lima kloter. Kita berharap semoga seluruh rangkaian tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala,” kata Mufi, Senin (6/5/2024).

Pada musim haji tahun ini, lanjut Mufi, ada inovasi pelayanan di Bandar Udara Juanda. Yakni sebagai salah satu bandara pemberi layanan Mecca Road, yaitu bandara yang akan memberikan layanan fast track kepada calon jemaah haji.

Menurut Mufi, adanya fast track di Bandara Juanda ini bakal membuat layanan pemeriksaan paspor lebih efektif dan efisian. Sebab tidak akan dilakukan dua kali pemeriksaan saat tiba di Bandara Arab Saudi seperti yang diterapkan tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga calon jemaah haji yang berangkat melalui Bandara Juanda langsung bisa menuju ke hotel penginapan, tanpa mengantre pemeriksaan paspor lebih dulu di bandara kedatangan Arab Saudi.

“Jemaah haji akan diperiksa dokumennya oleh Petugas Imigrasi Arab Saudi yang bertugas di Bandara Juanda. Sehingga saat mendarat di bandara kedatangan (Jeddah/Madinah) jemaah langsung menuju hotel dan tidak perlu antri lagi,” terangnya. (wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs