Sabtu, 13 Juli 2024

Fashion Show OPD Surabaya Ikut Ramaikan Festival Rujak Uleg di Balai Kota

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Peserta fashion show yang mengusung tema Eropa dalam acara Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Selain drama teatrikal, Festival Rujak Uleg yang diadakan di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/5/2024), turut menampilkan fashion show yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya.

Total ada sebanyak 64 OPD yang mengikuti fashion show. Masing-masing mengirimkan perwakilan dengan kostum bertema adat Kota Pahlawan, untuk acara yang juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 itu.

Pantauan suarasurabaya.net, sebanyak 64 OPD itu dibagi menjadi beberapa tema. Antara lain, tema Pecinan, Arabian style, dan kostum asli Surabaya. Mereka memamerkan kostum mereka di hadapan ribuan masyarakat yang memadati acara Festival Rujak Uleg Surabaya.

Tema ini bertujuan untuk menggambarkan history of rujak uleg, dengan artian kostum yang dikenakan menggambarkan kehidupan pada waktu dulu. Adanya kostum noni-noni Belanda, gaya Eropa, budaya China, Arab, dan Jawa bisa menggambarkan suasana asli jaman dulu.

Perwakilan fashion show Ampel dengan tema arabian style dalam acara Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Hal itu semakin melengkapi Festival Rujak Uleg yang menggambarkan kondisi pasar dengan suasana hiruk piruk para pedagang yang dengan berbagai macam budaya.

Usai acara fashion show, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menguleg bumbu rujak beramai-ramai pada cobek besar yang berada di tengah Balai Kota Surabaya.

Cobek berukuran 2,4 meter menjadi simbol dan primadona di Festival Rujak Uleg. Eri kemudian secara simbolis menyerahkan rujak cingur kepada masyarakat yang datang di Balai Kota Surabaya.

Acara simbolis itu kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang fashion show dan kostum unik yang dipamerkan pada Festival Rujak Uleg HJKS ke-731. Hadiah berupa uang pembinaan dan beberapa voucher diserahkan oleh Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Surabaya kepada para pemenang.

Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Surabaya saat memberikan hadiah pembinaan kepada pemenang fashion show Festival Rujak Uleg di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Diberitakan sebelumnya, Heri Purwadi Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya merinci, akan ada 731 porsi rujak uleg di paper bowl, 500 porsi dari cobek raksasa, dan ratusan porsi buatan para peserta yang dibagikan ke pengunjung yang hadir di Balai Kota Surabaya.

“Dari para peserta masing-masing membagikan delapan porsi, dikalikan 110 (tim atau grup peserta),” kata Heri saat konferensi pers, Kamis (16/5/2024).

Ia berharap pengunjung bisa tembus 30 ribu orang, meningkat dari target tahun lalu sekitar 20 ribuan penonton.

“Kami persilakan warga Surabaya hadir menyaksikan meriahkan Festival Rujak Uleg, kami akan memberi pelayanan terbaik,” tandasnya. (man/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
23o
Kurs