Minggu, 19 Mei 2024

Filipina Peringatkan Potensi Suhu Udara Tinggi Hingga 51 Derajat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi cuaca panas.

Biro cuaca negara Filipina pada Senin (8/4/2024) memperingatkan soal indeks panas tinggi yang dapat mencapai hingga 51 derajat celsius di sedikitnya sembilan wilayah di seluruh negeri.

Biro negara tersebut mengatakan sembilan wilayah di Filipina masuk dalam kategori “bahaya,” yang mengindikasikan suhu di kisaran 42 hingga 51 derajat celsius.

Wilayah lain di negara di Asia Tenggara itu masuk dalam kategori “kewaspadaan ekstrem,” dengan suhu di kisaran 33 hingga 41 derajat celsius.

Indeks panas mengukur level panas yang dirasakan ketika kelembapan relatif di suatu lokasi dipertimbangkan. Masyarakat di daerah yang mencatat indeks panas di level berbahaya kemungkinan akan mengalami kram panas (heat cramps) dan kelelahan.

“Sengatan panas (heat stroke) juga mungkin terjadi jika terpapar secara terus-menerus,” kata biro tersebut memperingatkan.

Untuk menghindari potensi komplikasi dari panas yang ekstrem, biro tersebut menyarankan agar masyarakat membatasi aktivitas di luar ruangan dan mengonsumsi air dalam jumlah banyak.

Pemerintah mengizinkan sekolah-sekolah untuk mengadakan kelas daring alih-alih kelas tatap muka untuk melindungi siswa, terutama anak-anak, dari indeks panas yang tinggi.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs