Selasa, 28 Mei 2024

Gempa Magnitudo 4,2 Kembali Guncang Bawean pada Rabu Siang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gempa magnitudo 4,2, dengan episenter terletak pada koordinat 5.89° LS; 112.49° BT yang mengguncang laut Bawean, Rabu (24/4/2024). Foto: BMKG

Gempa bumi dikabarkan kembali mengguncang wilayah Bawean, Jawa Timur (Jatim), Rabu (24/4/2024) siang sekitar pukul 12.41 WIB.

Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merinci, gempa memiliki parameter dengan magnitudo 4,2, dengan episenter terletak pada koordinat 5.89° LS; 112.49° BT.

“Tepatnya di laut pada jarak 122 km arah Timur Laut Tuban, Jatim dengan kedalaman tujuh kilometer,” tulis Setyoajie Prayoedhie Kepala Stasiun Geofisika Sleman dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Dampak dari gempa tersebut dirasakan di daerah Bawean III-IV MMI. Getaran dirasakan banyak orang, perabotan rumah tergoncang seperti truk yang menabrak bangunan).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” bebernya.

Sementara itu hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs