Senin, 29 April 2024

Hadi Tjahjanto Resmi Jabat Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memandu pengucapan sumpah jabatan AHY dan Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju, Rabu (21/2/2024), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (21/2/2024), melantik dua orang menteri yang bertugas membantunya menjalankan roda pemerintahan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Masing-masing Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Presiden melantik dua menteri tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Prosesi pengucapan sumpah jabatan yang dipandu Jokowi Presiden, berlangsung khidmat di Istana Negara, Jakarta.

“Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan sumpah jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Hadi dan AHY mengikuti ucapan Jokowi.

Seperti diketahui, Marsekal TNI Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebelumnya menjabat Menteri ATR/Kepala BPN.

Mantan Panglima TNI itu jadi Menkopolhukam menggantikan Mahfud MD yang beberapa pekan lalu mengundurkan diri.

Untuk mengisi pos Menteri ATR/Kepala BPN di sisa masa jabatan 2019-2024, Jokowi Presiden menunjuk AHY Ketua Umum Partai Demokrat.

Dengan begitu, Partai Demokrat resmi masuk ke dalam barisan partai politik pendukung Jokowi, sesudah sekitar sembilan tahun berada di luar pemerintahan.

Hadir di acara pelantikan sejumlah menteri, di antaranya Pratikno Mensesneg, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Airlangga Hartarto Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, dan Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri.

Lalu, ada Jenderal TNI Agus Subiyanto Panglima TNI, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Sanitiar Burhanuddin Jaksa Agung, dan Budi Gunawan Kepala Badan Intelijen Negara.

Hadir juga Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI, Sjarifuddin Hasan Wakil Ketua MPR RI, dan Nono Sampono Wakil Ketua DPD RI.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs