Sabtu, 20 Juli 2024

Hari Donor Darah Sedunia: Momen Penting Ucapkan Terima Kasih kepada Pendonor Penyelamat Nyawa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Salah satu warga yang mendonorkan darah di PMI Surabaya, Jumat (14/6/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Hari donor darah sedunia menjadi momentum penting untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada para pendonor darah yang selama ini telah berkontribusi dalam menyelematkan nyawa sesama.

Hal itu diucapkan oleh dr. Wandai Rasoetedja Kepala Bagian Pelayanan dan Humas Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, di Kantor Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, Jumat (14/6/2024).

“Tema kita tahun ini adalah ‘Terima Kasih Para Pendonor Darah’, karena mereka telah memberikan sumbangsih dalam menyelamatkan banyak nyawa orang lain,” katanya kepada suarasurabaya.net.

Peringatan hari donor darah, kata dia, menjadi momentum yang istimewa, karena bukan hanya menjadi perhatian bagi masyarakat yang berasal dari Surabaya atau Indonesia saja, melainkan dari seluruh dunia.

“Tanggal 14 Juni ini juga sekaligus memperingati hari lahir penemu golongan darah, yaitu dr. Karl Landsteiner,” ucapnya.

Dalam mengupayakan stok darah di PMI terpenuhi dan bisa disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan, seperti penyuluhan dan sosialisasi.

Upaya semacam itu, kata dia, bukan hanya menyasar orang dewasa, tetapi juga anak-anak, sehingga mereka akan paham mengenai donor darah.

“Bahkan, banyak sekali sekolah-sekolah yang masih tingkat SD ataupun TK, mereka datang ke sini (Kantor PMI) untuk mengetahui apa itu donor darah,” tuturnya.

Di momen spesial ini, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terus peduli dan memberikan manfaat bagi sesama.

“Mari donor darah, khususnya bagi mereka yang belum mendonor darah. Ayo donorkan darah Anda, karena itu sangat bermanfaat bagi sesama,” tandasnya. (ris/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
22o
Kurs