Rabu, 17 April 2024

Hari Ini, Jokowi Presiden Lantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan AHY sebagai Menteri ATR

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Hadi Tjahjanto saat dilantik menjadi Menteri Agrarian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional di sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Foto: tangkapan layar Youtube Setpres

Joko Widodo Presiden kembali melakukan pengaturan ulang jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju, pada sisa masa tugas sekitar delapan bulan lagi.

Hari ini, Rabu (21/2/2024), Presiden akan melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud MD.

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mantan Panglima TNI, sebelumnya menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Rencananya, prosesi pelantikan akan berlangsung siang hari ini, di Istana Negara, Jakarta.

Sesudah resmi menjadi Menko Polhukam, nantinya akan ada prosesi serah terima jabatan dari Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri sekaligus Pelaksana Tugas Menko Polhukam pascamundurnya Mahfud MD.

Untuk mengisi posisi Menteri ATR yang kosong, Jokowi Presiden kabarnya menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Terkait kabar itu, Ossy Darmawan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ayah AHY sudah memberikan restu.

Dia bilang, SBY mendoakan AHY mendapat kekuatan dalam menjalankan tugas negara ke depan sebagai menteri.

SBY, kata Ossy, tidak bisa hadir dalam pelantikan hari ini, karena baru saja tiba di Cikeas, Jawa Barat, usai melakukan perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kalau benar AHY jadi Menteri ATR, maka Partai Demokrat masuk ke dalam barisan partai politik pendukung Jokowi, sesudah sekitar sembilan tahun berada di luar pemerintahan.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs