Minggu, 28 April 2024

Hari ini Semeru Dua kali Erupsi Semburkan Abu Vulkanik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gunung Semeru erupsi yang terlihat dari Pos Pengamatan Gunung api Semeru di Gunung Sawur pada, Rabu (24/1/2024), pukul 08.55 WIB. Foto: Antara/ PVMBG

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami dua kali erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 700-800 meter di atas puncak, Rabu (24/1/2024) hari ini, pada pengamatan pukul 07.25 WIB dan 08.55 WIB.

Sigit Rian Alfian Petugas Pos Pengamatan Gunung api Semeru, menyebutkan bahwa terjadi erupsi Gunung Semeru yang pertama kali pada pukul 07.25 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 700 meter di atas puncak (sekitar 4.376 m di atas permukaan laut).

“Kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 97 detik,” katanya dalam laporan tertulisnya di Lumajang Jawa Timur, Rabu, yang dikutip Antara.

Kemudian erupsi kedua terjadi pukul 08.55 WIB dengan ketinggian abu vulkanik teramati sekitar 800 meter di atas puncak (sekitar 4.476 meter di atas permukaan laut) dan kode warna penerbangan oranye.

Sebaran abu vulkanik teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang bergerak dari arah utara ke barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 110 detik.

Status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih pada Level III atau siaga, sehingga petugas mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Kemudian di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Kemudian warga juga tidak boleh beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar,” katanya.

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Sementara Wawan Hadi Siswoyo Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang mengatakan, tidak ada dampak yang terjadi akibat dua kali erupsi Gunung Semeru itu.

“Sejauh ini aman dan terkendali tidak ada sebaran abu vulkanik yang mengarah ke permukiman warga dan aktivitas warga berjalan normal, ” katanya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs