Selasa, 30 April 2024

Idulfitri Makin Dekat, Tiga Ribu Orang Tukar Uang ke Stan BI di Grand City Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Penukaran Uang Layak Edar (ULE) secara walk throug yang diadakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jatim di Grand City Surabaya, pada Sabtu (30/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Penukaran Uang Layak Edar (ULE) secara walk throug yang diadakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jatim di Grand City Surabaya, pada Sabtu (30/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur mencatat, telah melayani sebanyak 3.000 penukar Uang Layak Edar (ULE) secara walk through di Grand City Surabaya, pada Sabtu (30/3/2024).

Erwin Gunawan Hutapea Kepala KPw BI Jatim mengatakan, seluruh penukar itu sebelumnya telah memesan terlebih dahulu dua hari sebelum penukaran melalui website yang telah disediakan.

“Untuk pelaksanaan uang secara walk through ini, BI Jatim telah menyiapkan uang layak edar sebesar Rp12 Miliar dan bekerja sama dengan 14 bank,” katanya.

Dalam penukaran uang tersebut, selain menggunakan uang tunai, juga dapat dilakukan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah tersedia di seluruh loket penukaran, dan bisa juga menggunakan uang logam sebagai bagian dari program peduli koin.

“Kami hadir memenuhi kebutuhan uang masyarakat dalam ramadan dan Idul Fitri 2024 dengan jumlah memadai,” tuturnya.

Erwin Gunawan Hutapea Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur saat berada di Grand City Surabaya dalam penukaran uang walk throug, Sabtu (30/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Erwin Gunawan Hutapea Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur saat berada di Grand City Surabaya dalam penukaran uang walk throug, Sabtu (30/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Layanan kas penukaran uang kepada masyarakat itu, masih akan berlanjut pada kegiatan BI Peduli Mudik mulai tanggal 2 hingga 4 April, yang akan digelar di tempat strategis seperti Rest Area, Stasiun dan Bandara.

Selain fokus pada penukaran uang, BI juga terus menggencarkan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Sosialisasi QRIS, dan perlindungan konsumen.

“Ini merupakan momen mengajak masyarakat Indonesia agar semakin cinta, bangga, dan paham rupiah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Khusnul Farida (28) warga Pasar Kembang Surabaya mengaku senang dengan adanya penukaran uang tersebut. Ia mengaku mekanismenya mudah, karena pendaftarannya bisa lewat online sehingga tidak menambah antrean.

“Sudah sering tukar uang di BI seperti ini, mudah. Ini tukar untuk keluarga pas hari raya Idulfitri nanti,” katanya.

Sementara itu, Cyntia Wingga (25) warga Menganti Gresik juga turut menukarkan uang di Grand City Surabaya. Ia mengaku antusias untuk menukarkan uang kebutuhan ramadan dan Idulfitri sebelum kehabisan.

“Dibanding tahun lalu, kali ini BI juga menyediakan souvenir bagi para penukar yang telah mengisi link yang telah dibagikan,” tandasnya.

Seperti diketahui, selain di Grand City Surabaya, BI Jatim juga telah melakukan beberapa kegiatan penukaran uang untuk masyarakat, seperti di Gedung De Javasche Bank dan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs