Jumat, 10 Mei 2024

Imunisasi Polio Surabaya Lebihi Target, Capai 103,64 Persen

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Salah seorang anak di Kota Surabaya mendapatkan imunisasi polio dari petugas kesehatan. Foto: Diskominfo Surabaya

Capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama 15-21 Januari 2024 Kota Surabaya melebihi target, sampai 103,64 persen.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menyebut capaiannya 341.612 anak dari semula target 329.616 sasaran.

“Capaian Sub PIN Polio sebanyak 341.612 anak atau 103,64 persen,” kata Nanik lewat keterangan pers Diskominfo Kota Surabaya, Kamis (25/1/2024).

Menurut Nanik selama pelaksanaan tidak ada kendala yang berarti, kesadaran masyarakat soal pentingnya imunisasi polio juga menjadi faktor tercapainya target.

“Tidak ada kendala yang berarti, karena kesadaran masyarakat soal pentingnya pemberian imunisasi Sub PIN Polio dari sudut pandang kesehatan sudah sangat membaik,” ujarnya.

Meskipun, ada segilintir orang tua yang tidak bersedia anaknya diimunisasi. Menurut Nanik, permasalahan itu bisa diatasi melalui pola sosialisasi, menggandeng petugas lintas sektor maupun kampanye sosial media.

“Sosialisasi Sub PIN Polio melalui media sosial, selebaran, poster, pemutaran video dan suara bapak Wali Kota di tempat-tempat strategis, agar hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan Sub PIN Polio dapat diminimalisasi,” katanya.

Selain itu, Dinkes juga mempercepat Sub PIN Polio dengan menyebar lokasi pelaksanaan di setiap balai RW dan menerapkan strategi penyisiran atau sweeping rumah warga.

“Tim Puskesmas ke rumah sasaran secara kolaboratif bersama kecamatan, kelurahan, Tim Penggerak (PPK) PKK, Kader Surabaya Hebat (KSH), RT/RW dan civitas akademika yang terlibat dalam tim Sub PIN Polio Kota Surabaya,” ucapnya.

Selain itu, Dinkes juga membuka sentra pos pelayanan Sub PIN Polio di tempat umum, seperti di stasiun, terminal, mal, pasar, tempat ibadah, tempat rekreasi, dan arena bermain anak.

Selanjutnya imunisasi putaran kedua akan dimulai 19-25 Februari 2024. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
30o
Kurs