Selasa, 30 April 2024

Jaga Kedamaian Usai Pemilu, PBNU Siapkan Gerakan Kawal Kemenangan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
KH Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (16/2/2024). Foto: Antara

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menghadirkan Gerakan Mengawal Kemenangan Indonesia untuk menyempurnakan suasana kondusif atau damai usai pemungutan suara Pemilu 2024.

“Kami juga berikhtiar dengan menginisiasi semacam gerakan yang sudah kami mulai sejak hari pencoblosan kemarin atau pada malam harinya. Kami melakukan apa yang disebut sebagai Gerakan Mengawal Kemenangan Indonesia,” kata Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU KH atau akrab disapa Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU dilansir Antara, Jumat (16/2/2024).

Ia menjelaskan gerakan tersebut berupa kegiatan yang terdiri atas doa bersama dan dialog yang diikuti oleh beragam pihak, mulai dari tokoh masyarakat, seniman, pelajar, pendukung kontestan-kontestan Pemilu 2024, dan masyarakat umum.

Gus Yahya mengatakan gerakan yang dihadirkan melalui kerja sama dengan Gerakan Daulat Budaya Nusantara itu telah dilaksanakan di 14 daerah mulai 14 Februari malam.

Teguh Haryono Inisiator Gerakan Daulat Budaya Nusantara menyampaikan 14 daerah itu, di antaranya DI Yogyakarta, Gresik, Pasuruan, Banyuwangi (Jawa Timur), Wonogiri dan Kebumen (Jawa Tengah), Ogan Komering Ulu (Sumatera Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), Manado (Sulawesi Utara), Tasikmalaya dan Majalengka (Jawa Barat), dan Kalimantan Barat.

Gerakan itu, kata dia, akan terus digelar hingga mencapai 99 titik lokasi.

Dalam kesempatan sama, Jadul Maula Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU optimistis gerakan yang dikemas menjadi gerakan kebudayaan itu mampu menyadarkan seluruh rakyat Indonesia bahwa hasil pemilu merupakan kemenangan bangsa.

“Kebudayaan Indonesia ini ilmunya para leluhur kita dulu di dalam mendamaikan, bagaimana membangkitkan kemajuan dalam suasana solidaritas, damai, rukun, dan bermartabat,” kata dia.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024. (ant/man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs