Sabtu, 4 Mei 2024

Jair Bolsonaro Mantan Presiden Brasil Dituduh Palsukan Data Vaksinasi Covid

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jair Bolsonaro mantan Presiden Brasil periode 2019-2023. Foto: Getty Images Jair Bolsonaro mantan Presiden Brasil periode 2019-2023. Foto: Getty Images

Kepolisian federal Brasil menuding Jair Bolsonaro mantan Presiden Brasil periode 2019-2023 menyerahkan data vaksinasi Covid-19 palsu ke sistem layanan kesehatan nasional, yang membuatnya terancam vonis hingga 12 tahun penjara.

Seperti dilaporkan Antara pada Rabu (20/3/2024), Bolsonaro didakwa telah melakukan asosiasi kriminal dan memalsukan data ke sistem informasi dalam kasus pemalsuan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Selain Bolsonaro, 16 tersangka lainnya dikabarkan telah didakwa.

Saat ini kasus tersebut akan dilimpahkan ke kejaksaan yang akan memutuskan apakah kasus itu akan dilimpahkan ke pengadilan atau dibatalkan.

Keterlibatan dalam asosiasi kriminal dapat divonis 1 sampai 3 tahun penjara, sedangkan melaporkan data palsu kepada pihak berwenang bisa divonis 2 sampai 12 tahun penjara.

Pada Januari lembaga antikorupsi di Brasil mengatakan bahwa informasi tentang vaksinasi virus corona di kartu vaksinasi Bolsonaro adalah salah.

Diketahui bahwa mantan presiden itu bahkan tidak berada di kota pesisir Sao Paulo pada hari dugaan dilakukannya vaksinasi pada 19 Juli 2021.

Bolsonaro dikenal dengan sikapnya yang skeptis terhadap Covid-19, yang menganggap Covid-19 sebagai flu belaka.

Dia menolak memakai masker di acara publik dan mengkritik pembatasan Covid-19 yang diberlakukan negara-negara bagian. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
29o
Kurs