Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Dukung Modifikasi Cuaca untuk Mengurangi Hujan Ekstrem di Demak

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai mengecek harga pangan di Pasar Tradisional Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/3/2024). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (22/3/2024), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, yang terdampak banjir akibat jebolnya tanggul air.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja, antara lain Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Letjen TNI Suhariyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam keterangannya usai melihat sejumlah lokasi terdampak banjir, Presiden bilang banjir di Demak terjadi karena intensitas hujan ekstrem.

Maka dari itu, Jokowi mendukung berbagai upaya penanggulangan. Salah satunya, menggeser awan hujan ke arah laut dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

“Kita harapkan awan di atas juga telah dilakukan TMC. Sehingga, bisa digeser ke arah laut. Itu juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan, penanganan jangka panjang banjir di Demak butuh peran aktif pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, penanganan jangka panjang antara lain berupa program penanaman pohon dan pengalihan lahan.

Seperti diketahui, banjir melanda kawasan Demak hingga Kudus akibat tanggul air di Sungai Wulan jebol, Minggu (17/3/2024).

Imbasnya, masyarakat di daerah yang terkena banjir tidak bisa melakukan aktivitas sosial ekonomi termasuk kegiatan belajar mengajar.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs