Rabu, 29 Mei 2024

Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Otorita IKN

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Jokowi Presiden saat meresmikan pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara, pada Rabu (17/1/2024). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

“Pada siang hari ini, peletakan batu pertama Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi Presiden saat dilansir dari Antara, pada Rabu (17/1/2024).

Presiden mengungkapkan, Gedung Kantor OIKN terdiri atas gedung utama, gedung data center dan infrastruktur kawasan yang memuat kapasitas hingga 600 orang pada tahap pertama pembangunan. Gedung tersebut, dibangun di atas lahan sekitar 28.000 meter persegi dengan nilai konstruksi mencapai Rp509 miliar.

Selain data center, Gedung OIKN juga dilengkapi dengan pusat komando serta urban gallery yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara real time sehingga layanan lebih cepat dan profesional.

Ia berharap Gedung OIKN ini dapat segera selesai agar seluruh kegiatan Otoritas IKN semakin terorganisasi, terpusat dan optimal.

“Karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara, mewujudkan Ibu Kota Nusantara yang kita cita-citakan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bambang Susantono Kepala OIKN menyampaikan bahwa Kantor OIKN yang berfungsi sebagai City Hall atau Balai Kota itu, ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Selain itu, pada tahap pertama ini, pembangunan dilakukan pada gedung kantor utama dan gedung data center.

“Data center ini lah yang menjadi pusat kendali smart city atau kota cerdas di IKN. Kantor IKN juga akan menerapkan konsep smart, green and sustainable office yang mendorong budaya dan cara kerja baru serta dapat menjadi contoh bagi kantor-kantor di IKN maupun Indonesia,” pungkasnya.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
28o
Kurs