Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Tekankan Pentingnya Kasih dan Damai sebagai Inspirasi Kehidupan Bangsa Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan seruan Pemerintah Indonesia supaya perang Israel-Palestina segera dihentikan, Selasa (10/10/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengucapkan  selamat memperingati Jumat Agung yang jatuh pada hari ini, Jumat (29/3/2024), kepada Umat Kristiani, lewat akun media sosialnya @jokowi.

Jumat Agung atau Hari Wafat Yesus Kristus adalah salah satu hari suci bagi Umat Kristen di seluruh dunia.

Presiden mengatakan, Umat Kristiani sepatutnya senantiasa meresapi makna besar dari pengorbanan Yesus Kristus.

Jokowi berharap, Umat Kristiani menjadikan nilai kasih yang tulus, pengampunan yang tidak terhingga, juga kedamaian yang menenangkan jiwa sebagai inspirasi hidup bersama sebagai Bangsa Indonesia.

“Selamat memperingati Jumat Agung kepada seluruh umat Kristiani. Semoga dapat senantiasa meresapi makna besar dari pengorbanan Yesus Kristus, serta menjadikan nilai kasih yang tulus, pengampunan yang tak terhingga, juga kedamaian yang menenangkan jiwa, sebagai inspirasi hidup kebersamaan kita sebagai Bangsa Indonesia,” tulisnya.

Tahun ini, peringatan Kenaikan Yesus Kristus terasa spesial karena dirayakan Umat Kristiani bersamaan dengan momen Umat Islam melaksanakan ibadah Bulan Suci Ramadan.

Sementara itu, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama menyebut, tahun ini menjadi tahun yang istimewa bagi Umat Kristiani di Tanah Air, dengan terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-hari Libur.

Dalam Keputusan Presiden tentang hari libur tahun 2024 yang terdiri dari enam belas hari libur keagamaan, ada perubahan penamaan hari libur dari Wafat Isa Almasih menjadi hari libur Kelahiran, Wafat, Kebangkitan, dan Kenaikan Yesus Kristus. 

Lebih dari itu, Yaqut berharap rangkaian Hari Suci Paskah tahun ini bisa memberikan keselamatan dan juga kekuatan bagi Umat Kristiani sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.

“Semoga rangkaian perayaan di hari suci Paskah bisa memberikan pengharapan, dan keselamatan, serta kekuatan bagi umat kristiani. Semoga Tuhan memberkati kita sekalian,” kata Menag.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs