Selasa, 16 Juli 2024

Kemenag Perkenalkan Batik Jemaah Haji Terbaru Bermotif Sekar Arum Sari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Batik seragam haji 2024 dengan motif Sekar Arum Sari. Foto: Kemenag RI/ NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) memperkenalkan motif batik terbaru untuk jemaah Haji Indonesia, setelah 12 tahun lamanya tidak pernah berganti model, dalam gelaran peragaan Batik Haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Dalam kesempatan itu, sejumlah peraga memperkenalkan Batik Haji Indonesia di hadapan sedikitnya 28 ribu jamaah haji yang hadir luring maupun daring.

“Ini juga terobosan baru setelah 12 tahun batik jamaah haji tidak pernah berganti. Seragam batik ini diperoleh melalui Sayembara Desain Batik Haji pada 2023,” kata Ali Ramdhani Sekretaris Jenderal Kemenag RI, dalam keterangannya.

Batik baru jemaah haji Indonesia ini berwarna ungu bermotif Sekar Arum Sari, yang terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda.

Motif ini mengambil filososfi puspa Nasional Indonesia yang digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Hilman Latief Direktur Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah (Dirjen PHU) mengatakan, Kemenag melibatkan para pelaku UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia dalam pengadaan batik haji ini.

“Diperkirakan per jamaah membutuhkan tiga meter kain untuk satu batik. Jadi, sekitar 700 kilometer banyaknya jika dibentangkan. Dan kita melibatkan banyak UMKM untuk membuatnya,” kata Hilman Latief. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Selasa, 16 Juli 2024
31o
Kurs