Senin, 29 April 2024

Kemhan RI Serahkan Sertifikat NCAGE untuk Panorama Graha Teknologi Perusahaan Industri Pertahanan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Laksamana Pertama TNI Mochamad Taufiq Hidayat Kapuskod Baranahan Kemhan RI menyerahkan Sertifikat NCAGE kepada Aloys Sutarto Komisaris Utama PT Panorama Graha Teknologi, di Gedung Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, berapa waktu lalu. Foto: istimewa

Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui Kapuskod Baranahan menyerahkan sertifikat NATO Commercial and Government Entity (NCAGE) kepada PT Panorama Graha Teknologi.

Sertifikat diserahkan secara resmi oleh Laksamana Pertama TNI Mochamad Taufiq Hidayat Kapuskod Baranahan Kemhan selaku Direktur National Codification Bureau (NCB) Indonesia kepada Aloys Sutarto, Komisaris Utama PT Panorama Graha Teknologi, di Gedung Kemhan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kami merasa terhormat dapat ditunjuk sebagai perusahaan Industri Pertahanan dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, dan ditunjuk sebagai anggota NCAGE dari Kapuskod Baranahan Kemhan selaku Direktur National Codification Bureau (NCB) Indonesia,” ujar Aloys lewat keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (23/2/2024).

Dia melanjutkan, pihaknya bertekad memajukan industri pertahanan di Indonesia demi mewujudkan visi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yaitu terwujudnya pertahanan Negara yang tangguh.

Sekadar informasi, PT Panorama Graha Teknologi telah bermitra dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia sejak berdiri tahun 1976.

Pada tahun 2020, perusahaan itu secara resmi juga mendapatkan Surat Penetapan Sebagai Industri Pertahanan untuk produk alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Sebagai salah satu pemegang sertifikat Industri Pertahanan, PT Panorama Graha Teknologi berupaya meningkatkan kualitas produk dan jasa untuk memaksimalkan potensi perusahaan, di lingkup industri dalam negeri mau pun luar negeri.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menuju sasaran atau pencapaian visi yakni dengan mendaftarkan diri sebagai anggota NATO NCAGE ke Puskod Baranahan Kemhan.

Keberadaannya bukan cuma sebagai entitas komersial, tapi juga sebagai upaya memberdayakan sumber daya manusia di Tanah Air untuk penguasaan dan pengelolaan teknologi pertahanan sebagai salah satu sarana untuk menjaga kedaulatan wilayah di ranah digital.

Dengan terdaftarnya PT Panorama Graha Teknologi sebagai anggota NATO NCAGE, akan ada berbagai manfaat, di antaranya, proses kodifikasi produk yang dihasilkan dalam sistem NSN.

Penerapan sistem NSN (National Stock Number/Nomor Sediaan Nasional) sebagai bahasa perbekalan tunggal yang mencantumkan identititas termasuk asal produk akan mengoptimalkan manajemen database logistik dengan menghindari duplikasi, meningkatkan interoperabilitas materiil, serta efisiensi dan efektivitas pembekalan materiil.

Selain itu, juga pada promosi produk Industri Pertahanan Indonesia melalui penerapan sistem NSN untuk membantu pelaksanaan kodifikasi dan promosi produk Industri Pertahanan Indonesia dalam persaingan pasar global.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs