Senin, 22 Juli 2024

Kepala Basarnas Tegaskan Personelnya Siaga Bencana Selama Ramadan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kusworo Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas). Foto: Antara

Marsekal Madya TNI Kusworo Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menegaskan seluruh personelnya tetap siap siaga untuk merespons penanganan darurat dampak bencana yang menerpa masyarakat, selama bulan suci Ramadan.

“Waspada dengan segala potensi yang ada, tentu kesiapsiagaan harus menjadi hal yang utama selama bulan suci ini,” ucapnya dilansir Antara, Senin (11/3/2024).

Menurutnya, kesiapsiagaan memberikan pertolongan salah satu bentuk profesionalisme personel Basarnas kepada masyarakat Indonesia.

Terlebih dalam kaitan kondisi darurat bencana yang menurut analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sewaktu-waktu skalanya bisa meningkat seperti yang sedang terjadi saat ini.

Untuk itu, Kusworo menginstruksikan kepada para Kepala Kantor Search and Rescue (SAR), bukan hanya personel yang mesti sudah disiapkan, tetapi juga memastikan peralatan pertolongan pesawat atau helikopter, kapal laut, dan kendaraan taktis darat dalam kondisi prima.

“Segala bentuk kesiapan itu dilakukan tidak mesti menunggu dimulainya operasi gabungan Ramadan-Lebaran oleh Menteri Perhubungan nanti,” katanya.

Ia mencontohkan, hingga beberapa waktu ke depan beberapa daerah masih menjadi perhatian penanganan darurat dampak bencana oleh tim Basarnas. Sumatera Barat menjadi salah satunya.

Menurutnya, sebanyak 150 personel Basarnas bersama unsur lainnya saat ini masih melakukan upaya evakuasi dan pencarian para korban banjir bandang dan tanah longsor yang menerpa Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Setidaknya hingga Minggu (10/3/2024), Basarnas mencatat 20.004 keluarga yang dievakuasi, 23 warga yang menjadi korban banjir-tanah longsor, dan lima orang di antaranya dinyatakan hilang dalam pencarian.

“Jadi prinsipnya di manapun tempat dan apapun kondisinya silakan menghubungi nomor 115 Basarnas Command Center, personel kami siap melayani 1×24 jam,” pungkasnya. (ant/man/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
24o
Kurs