Senin, 20 Mei 2024

Komisi C DPRD Surabaya Minta Proyek Penanganan Banjir Selesai Agustus 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Pengerjaan proyek box culvert untuk penanganan banjir di Jalan Sememi . Foto: Dok. suarasurabaya.net

Komisi C DPRD Kota Surabaya meminta seluruh progres proyek penanganan banjir dan pembangunan jalan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) bisa terselesaikan pada Agustus 2024.

Baktiono Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya di Surabaya, Selasa (23/4/2024), mengatakan apabila ada pengerjaan yang belum selesai karena kekurangan anggaran, maka bisa dilanjutkan melalui skema Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2024 pada September.

“Kalau ada kekurangan dan kemudian ada kelebihan target anggaran pendapatan, itu bisa menambahkan pengerjaan untuk penanggulangan banjir dan pembangunan jalan,” kata Baktiono seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan anggaran keseluruhan DSDABM tahun 2024 mencapai Rp1,76 triliun. Namun dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Komisi C bersama DSDABM diketahui bahwa serapan anggaran baru mencapai setengah persen atau Rp8,8 miliar.

Serapan anggaran bisa sepenuhnya terpenuhi setelah pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengerjaan.

“Dinas Pendapatan perlu mengumpulkan uang, karena tidak langsung terkumpul di triwulan pertama atau kedua,” ucapnya.

Sementara, Syamsul Hariadi Kepala DSDABM Kota Surabaya mengatakan seluruh proyek penanganan banjir hingga pembangunan akses jalan sudah dilelang keseluruhan pada awal tahun 2024.

Setelah pemenang tender diumumkan, lanjut dia, seluruh pengerjaan langsung berjalan.

“Saat ini sudah 200 lebih paket pengerjaan, tinggal 20 persen atau 20 paket pengerjaan,” katanya.

Dia menyebut skema lelang yang diterapkan, yakni tanpa uang muka. Namun, jika dibutuhkan anggaran tersebut bisa dilakukan penghitungan.

“Tanpa uang muka ini juga kami lihat kondisinya, kalau memang dibutuhkan kami keluarkan uang muka. Untuk proyek yang besar, misalkan sampai di atas Rp10 miliar, kami pertimbangkan,” pungkasnya. (ant/ike/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs