Jumat, 3 Mei 2024

Komisi III DPR Apresiasi Keberhasilan BNPT Menjaga Situasi Kondusif Lebaran Idulfitri 1445 H

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Warga Muhammdiyah saat berada di Jalan Pahlawan Surabaya untuk melaksanakan salat idulfitri 1445 Hijriyah, Rabu (10/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sarifuddin Suding Anggota Komisi III DPR RI menilai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berhasil menghadirkan situasi kondusif di momen Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Hal itu terbukti dengan tidak adanya gangguan terorisme dan radikalisme dalam perayaan suci Umat Islam itu.

“Kami memberikan penghargaan kepada BNPT karena melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga, ancaman dan gangguan terorisme maupun radikalisme tidak terjadi pada lebaran kali ini,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Sarifuddin, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terhitung kondusif pada lebaran tahun ini. Masyarakat, bisa menjalankan ibadah tanpa satu pun gangguan, termasuk dari ancaman terorisme dan radikalisme.

Situasi aman terkendali bisa terjadi karena upaya pencegahan yang dilakukan BNPT mampu mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan tersebut.

“Walaupun upaya itu secara keseluruhan belum efektif dan optimal, tapi sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Lebih lanjut, Sarifuddin berharap seluruh aparat keamanan selalu waspada dan tetap mengantisipasi bahaya terorisme maupun radikalisme pada setiap momen, tidak hanya pada waktu lebaran saja.

“BNPT harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya terorisme dan radikalisme,” ucap Suding.

Sebelumnya, Mohammed Rycko Amelza Dahniel Kepala BNPT mengimbau seluruh jajarannya mengoptimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terhadap segala bentuk radikalisme dan terorisme, terlebih menjelang momentum mudik dan juga Hari Raya Idulfitri 1445 H.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs