Senin, 29 April 2024

Masjid Al Falah Surabaya Rutin Siapkan 800 Porsi Buka Puasa untuk Jemaah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pembagian nasi kotak setelah salat Magrib berjamaah di Masjid Al Falahdi Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Rabu (13/3/2024). Foto Dani magang suarasuarabaya.net Pembagian nasi kotak setelah salat Magrib berjamaah di Masjid Al Falahdi Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Rabu (13/3/2024). Foto Dani magang suarasuarabaya.net

Masjid Al Falah Surabaya yang terletak di Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, rutin menyiapkan 800 porsi makanan untuk jemaah berbuka puasa selama Bulan Suci Ramadan.

Agenda ini merupakan komitmen yang menjadi rutinitas tahunan selama Bulan Ramadan berlangsung. Selama Bulan Ramadan di Masjid Al Falah, setiap jemaah yang hadir akan mendapatkan takjil dan satu porsi nasi kotak untuk berbuka puasa.

Jupri Ketua Takmir Masjid Al Falah menjelaskan, untuk dapat menyiapkan ratusan porsi berbuka puasa setiap hari, pihaknya memiliki tim khusus catering dan panitia yang siap membantu.

“Masjid Al Falah ini memang memiliki tim khusus, catering kita sendiri, jadi nanti yang masak dari catering kita kemudian nanti dikirim ke sini dan panitia yang akan menyajikan,” jelasnya saat ditemui suarasurabaya.net, Rabu (13/3/2024).

H. Jupri Ketua Takmir Masjid Al Falah
H. Jupri Ketua Takmir Masjid Al Falah Jl. Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Rabu (13/3/2024). Foto Dani magang suarasuarabaya.net

Dalam pembagian takjil, kata Jupri, panitia juga memiliki strategi supaya jemaah tetap tertib dan tidak saling berebut.

“Kita punya mekanismenya, di sini kita sistem menggunakan kupon, jadi semua kita kasih kupon satu satu. Harapannya nanti supaya jemaahnya tertib dan tidak duplikasi,” jelasnya.

Tidak hanya berbuka puasa, jemaah juga dapat menikmati santapan sahur bersama di Masjid Al Falah, pada sepuluh hari terakhir Bulan Ramadan.

“Kalau buka puasa kita adakan rutin setiap hari selama Ramadan, kemudian nanti untuk sepuluh hari terakhir kita siapkan nasi sahur. Porsinya sama sekitar 800 porsi,” kata dia.

Dia mengungkapkan, Masjid Al Falah selama Bulan Ramadan juga memiliki agenda kemanusiaan lainnya seperti, memberikan santunan kepada 300 anak yatim, membantu 100 pekerja gerobak sampah dan memberikan bantuan kepada 300 kaum dhuafa.

“Ya kami komitmen lakukan itu, artinya kepada saudara kita yang kurang mampu, yang perekonomiannya itu tidak memungkinkan di saat Ramadan ini masjid Al Falah hadir untuk mereka,” tambahnya.

Jupri berharap melalui kegiatan rutin di Bulan Ramadan yang diselenggarakan Masjid Al Falah dapat menjadikan jemaah semakin Istiqomah dalam beribadah.

“Harapan kami ke depan, antara bulan Ramadan dan di luar Ramadan, jemaah tetap seperti ini, tetap Istiqomah. Istiqomah dalam menjalankan dakwah dan ibadah,” pungkasnya.

Acara berbagi takjil dan makanan berbuka puasa dengan jumlah yang besar di Masjid Al Falah, ternyata juga sangat diharapkan oleh beberapa jemaah dari luar kota yang singgah.

“Senang sih, kebetulan kami asli Pasuruan, hari ini ada keperluan ke Surabaya. Saya ingat tahun kemarin juga mampir ke sini untuk cari takjil, dan sekarang saya ajak teman saya mampir lagi ternyata ada bagi-bagi takjil lagi,” kata Roni salah satu jemaah Masjid Al Falah yang ditemui suarasurabaya.net. (dan/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs