Senin, 29 April 2024

Massa Mulai Gelar Aksi di Depan Gedung DPR Tuntut Hak Angket dan Pemakzulan Jokowi Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aparat kepolisian bersiaga di halaman Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, untuk mengamankan aksi massa, Jumat (1/3/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Sekelompok orang yang tergabung dalam Gerakan Rakyat 1 Maret (Gema 0103), siang hari ini, Jumat (1/3/2024), menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Massa terdiri dari berbagai unsur, antara lain pelajar, mahasiswa, buruh dan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan capres nomor urut 1 dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pasangan capres nomor urut 3 pada Pilpres 2024.

Mereka menyampaikan sejumlah aspirasi, yaitu menolak Pilpres curang, penurunan harga sembako, pemakzulan Joko Widodo sebagai Presiden, mendukung hak angket, mengganti Komisioner KPU, dan menolak hasil Pilpres 2024.

Massa berkumpul dan melakukan orasi di depan Pintu Gerbang Gedung DPR/MPR RI yang persis di depan Jalan Gatot Subroto, Jumat (1/3/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Pantauan suarasurabaya.net, seratusan orang sudah berkumpul di depan Pintu Gerbang Gedung DPR/MPR RI yang persis di depan Jalan Gatot Subroto, dari pukul 10.00 WIB.

Sekitar pukul 13.00 WIB, sejumlah orang dari berbagai kelompok itu melakukan orasi secara bergantian, diiringi lantunan selawat.

Sementara, di dalam Gedung DPR/MPR RI, ratusan orang aparat keamanan sudah melakukan penjagaan.

Kendaraan taktis Korps Brimob seperti Barracuda dan Water Canon juga terparkir di halaman Gedung Parlemen.

Untuk mengawal aksi siang hari ini, ada sebanyak 2.590 personel gabungan dari Polri, TNI dan Pengamanan Dalam DPR yang bersiaga di sekitar lokasi.

Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan, aparat keamanan tidak mengizinkan massa aksi masuk ke dalam kawasan Gedung DPR/MPR RI.

Rekayasa arus lalu lintas seperti penutupan atau pengalihan di sekitar lokasi unjuk rasa juga akan diberlakukan melihat perkembangan situasi di lapangan.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs