Minggu, 21 Juli 2024

Masyarakat Diimbau Tak Gunakan Pinjol untuk Atasi Masalah Perekonomian

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi, pinjaman online (pinjol). Grafis: suarasurabaya.net

Sjarifuddin Hasan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mengingatkan masyarakat agar tidak mengandalkan aplikasi pinjaman online (pinjol) untuk atasi masalah perekonomian.

“Jangan sekali-kali melirik apalagi mencoba-coba melakukan pinjaman kepada pinjol, apapun alasan serta tujuannya,” kata Sjarifuddin dilansir Antara pada Selasa (6/2/2024).

Imbauan juga berlaku untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin mencari modal usaha.

Menurutnya, jasa pinjol akan menjebak masyarakat dengan lilitan hutang yang besar. Hal tersebut akan menimbulkan permasalahan baru sehingga biaya kebutuhan semakin besar.

Tidak hanya itu, pihak perusahaan pinjol pun dinilai tidak segan memakai cara yang intimidatif dalam melakukan penagihan hutang.

Anggota Komisi I DPR RI itu pun mengakui sangat mudah meminjam uang dari aplikasi pinjol. Namun demikian, kemudahan itu lah yang akan menjadi jebakan kepada masyarakat sehingga masuk ke dalam lilitan hutang pinjol.

Dalam hal ini, dia meminta pemerintah eksekutif mau memfasilitasi jasa pinjaman dana yang ramah dan aman kepada masyarakat. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
30o
Kurs