Kamis, 2 Mei 2024

Menko PMK Imbau Pemudik Tidak Bawa Pendatang Baru saat Balik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Foto: Biro Pers Setpres

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengimbau pemudik yang akan balik dari kampung halaman agar tidak membawa pendatang baru ke kota.

“Angka penganggur cukup tinggi, yakni enam persen dari angkatan kerja yang ada. Ini harus jadi perhatian,” kata Muhadjir dilansir Antara, Senin (15/4/2024).

Menko PMK mengatakan sangat menghormati mereka yang ingin mendapatkan mata pencaharian yang layak di kota. Namun datang ke kota tanpa memiliki keahlian tentu bukan menjadi solusi.

Menurutnya, mereka datang tidak miliki keterampilan harus dipikirkan secara matang. “Saya mengimbau mereka berpikir berulang kali sebelum memutuskan ikut balik ke daerah tujuan pemudik,” kata dia.

Ia mengatakan, memang ada harapan untuk mendapatkan pekerjaan di perkotaan tapi persaingan juga sangat ketat.

Menko PMK juga mengimbau mereka tetap di daerah mereka dan mencari peluang di daerah dan bekerja secara kreatif. “Saat ini pemerintah daerah sudah mulai terbuka dan lapangan pekerjaan juga terbuka di sana,” katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek dari 10-14 April 2024.

Sementara angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Sedangkan total volume lalu lintas yang kembali ke wilayah Jabotabek meningkat 41,03 persen daripada lalu lintas normal dengan total 681.996 kendaraan.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalu lintas ini lebih rendah 3,1 persen dengan total 992.223 kendaraan. (ant/sya)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs