Minggu, 28 April 2024

Menparekraf Dukung Kuliner UMKM Masuk Pasar Global

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sandiaga Uno Menprekraf mengunjungi salah satu pelaku UMKM kuliner di sela-sela acara "Temu Sapa Peserta Inkubasi Kuliner Borobudur" di Jamur Borobudur, Magelang, Sabtu (9/3/2024). Foto: Kemenparekraf RI Sandiaga Uno Menprekraf mengunjungi salah satu pelaku UMKM kuliner di sela-sela acara "Temu Sapa Peserta Inkubasi Kuliner Borobudur" di Jamur Borobudur, Magelang, Sabtu (9/3/2024). Foto: Kemenparekraf RI

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengharapkan pelaku UMKM dapat naik kelas hingga ekspor lewat program inkubasi kuliner.

“Melalui program inkubasi kuliner ini kita dorong subsektor kuliner, khususnya produk dari peserta inkubasi ini untuk dapat masuk ke dalam ekosistem ekspor,” katanya dilansir Antara, Minggu (10/3/2024).

Ia mengatakan, dari tiga subsektor ekonomi kreatif penyumbang PDB nasional, kuliner masih berada di posisi ketiga setelah kriya dan fesyen.

Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut dia, mencatat kontribusi industri kuliner sebesar 34 persen terhadap PDB 2023. Sementara di sisi konsumsi luar negeri, salah satu yang terbesar adalah pasar haji dan umrah yang nilainya diperkirakan mencapai lebih dari Rp65 triliun.

“Sebentar lagi juga kita akan masuk dalam momen Ramadhan dan Lebaran dimana subsektor kuliner ini juga akan memiliki banyak peluang penjualan,” katanya.

Melalui berbagai materi yang didapatkan peserta dalam program inkubasi diharapkan akan semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para peserta.

“Acara ini kita harapkan dapat semakin mengasah kreativitas dan mengeskalasi penggunaan digitalisasi dalam payung inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” kata Sandiaga. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs