Senin, 24 Juni 2024

Muhadjir Ingatkan Pemudik Lebih Tertib Saat Perjalanan Arus Balik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) berbincang dengan pengurus PP Muhammadiyah di gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (10/4/2024). Foto: Antara

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengingatkan kepada para pemudik agar tertib dalam perjalanan arus balik ke daerah perantauan masing-masing, guna meminimalisasi angka kasus kecelakaan.

“Khusus untuk mereka yang mudik nanti mau balik ke tempat kerja, saya mohon yang sudah terjadi saat ini alhamdulillah mudik tahun ini mengalami penurunan angka kecelakaan, turun sampai sekitar 53 persen. Jadi ini sangat tinggi penurunannya harus dipertahankan, bahkan diturunkan lagi,” jelas Muhadjir usai Shalat Id di halaman parkir gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat pada, Rabu (10/4/2024) dilansir Antara.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan beberapa hal kepada para pemudik yang akan kembali ke perantauan usai hari libur Lebaran. Salah satunya memperhatikan kendaraan agar kelebihan muatan, apalagi kelebihan penumpang karena rawan menyebabkan kecelakaan.

“Berkaca dari kecelakaan yang baru saja terjadi, kapasitas kendaraan adalah salah satu yang perlu saya tekankan ya. Hati-hati dalam menggunakan kendaraan, terutama jangan sampai kelebihan muatan. Kalau memang isinya sembilan, jangan dipaksakan lebih dari itu. Pasti mobil kalau kelebihan beban, apalagi dibikin cepat, pasti akan oleng,” jelasnya.

Kemudian, ia juga mengingatkan para pemudik yang akan kembali ke perantauan dengan menggunakan moda transportasi kapal laut untuk sabar sekaligus mengantisipasi antrean yang akan terjadi pada saat masuk dan ke luar kapal, terutama bagi pemudik yang membawa kendaraan saat menyeberang antarpulau.

“Kemudian juga mohon tertib terutama yang akan menyeberang dari Bakauheni ke Merak yang kemarin mengalami antrean sangat panjang. Mohon nanti siap-siap untuk menghadapi keadaan yang mungkin kurang enak, persiapkan kondisi kesehatan, kebutuhan dasar yang diperlukan selama mengantre,” imbuhnya.

Selaku Koordinator Penanganan Mudik 2024, ia pun meminta maaf kepada masyarakat mengingat masih adanya kekurangan dalam memberikan pelayanan pada arus mudik tahun ini. Pihaknya berjanji akan segera mengevaluasi dan mengambil langkah-langkah taktis untuk menangani arus balik nanti. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
25o
Kurs