Minggu, 19 Mei 2024

Nany Afrida dan Bayu Wardhana Pimpin AJI Indonesia Periode 2024-2027

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia periode 2024-2027.

Nany dan Bayu terpilih dalam Kongres XII AJI di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (5/5/2024) malam.

“Selamat atas terpilihnya Nany Afrida dan Bayu Wardhana sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI Indonesia. Tetap teguh memperjuangkan Tripanji AJI, menjaga kemerdekaan pers, dan melanjutkan kerja-kerja kolaboratif memulihkan demokrasi,” tulis laman resmi AJI Indonesia di Instagram.

Dalam Kongres XII AJI, Nany dan Bayu mendapat 90 suara dari total 217 suara elektoral. Mereka mengungguli Ika Ningtyas Unggraini-Laban Abraham Laisila yang memperoleh 48 suara elektoral.

Lalu pasangan Aloysius Budi Kurniawan-Imam Dwianto Nugroho mendapat 42 suara. Sementara pasangan Edy Can-Asep Saefullah mendapat 37 suara.

Nany Afrida dan Bayu Wardhana melanjutkan tongkat estafet dari Sasmito dan Ika Ningtyas yang memimpin AJI periode 2021-2024.

Dilansir dari laman Kompas.id, Nany menyebut prioritas utamanya adalah memperkuat keorganisasian AJI kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Bicara soal kemandirian AJI kabupaten/kota, kami akan mendengarkan semua keinginan, kelebihan, dan kekurangan mereka. Baru kemudian, kita akan menyusun program yang cocok untuk mewujudkan kesejahteraan dan profesionalisme jurnalis,” ujar Nany.

Selain itu, Nany akan fokus mengadvokasi produk-produk hukum yang belum cocok dengan isu kemerdekaan pers serta mengadvokasi jurnalis yang terjerat kasus hukum.

“Isu kemerdekaan pers tidak bisa diperjuangkan sendirian. Kita harus bergerak bersama-sama,” kata Nany. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version