Sabtu, 27 April 2024

Panen Padi di Kota Madiun Periode Maret-April Diprerkirakan Capai 3.853 ton

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Maidi Wali Kota Madiun melakukan panen raya di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jatim, Minggu (19/11/2023). Antara/ Diskominfo Kota Madiun

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), memperkirakan produksi panen padi pada Maret hingga April 2024 di wilayahnya mencapai 3.853 ton gabah kering panen.

“Pada Maret ini ada 52 hektare dan April nanti 520 hektare, sehingga total ada 572 hektare sawah di Kota Madiun yang akan panen dengan jumlah total beras yang bisa dihasilkan mencapai 3.853 ton,” ujar Totok Sugiarto Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Kamis (28/3/2024) dilansir Antara.

Menurut dia, dengan hasil panen tersebut, maka akan turut menjaga stabilisasi harga beras yang selama ini mengalami kenaikan.

Menurut Totok, per hektare sawah di Kota Madiun rata-rata mampu menghasilkan beras sekitar 6,8 ton. Adapun, dari 572 hektare sawah yang panen, terbanyak berada di Kecamatan Kartoharjo yakni 376 hektare.

“Kemungkinan, produksi padi tahun ini akan semakin baik seiring dengan berbagai upaya peningkatan,” katanya.

Salah satunya adalah penggunaan pupuk nonkimia ataupun organik yang menjadi faktor pendukung. Hal ini pula yang gencar dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun agar petani mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Totok menambahkan Pemkot Madiun terus berupaya untuk meningkatkan produksi padi di tengah kondisi lahan pertanian setempat yang terbatas akibat alih fungsi lahan.

Di antaranya, melalui upaya bantuan bibit unggul, bantuan subsidi pupuk, pelatihan dan penyuluhan tentang penggunaan pupuk dan pestisida organik, serta bantuan alat dan mesin pertanian yang mumpuni. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs