Selasa, 30 April 2024

Panglima TNI Siagakan Langkah Mitigasi Kecelakaan Saat Mudik Lebaran di Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI waktu jumpa pers di Terminal Purabaya, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI telah menyiapkan personel dan peralatan untuk melakukan upaya mitigasi kecelakaan di berbagai jalur selama arus mudik lebaran 2024.

Agus mengatakan, ribuan anggota TNI diterjunkan untuk bersiaga di sejumlah lokasi yang tersebar di kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim).

“TNI di jajaran Kodam V Brawijaya, menerjunkan 2000 pernonil yang akan ditempatkan di posko dan pos pelayanan yang tersebar,” kata Agus waktu ikut meninjau arus mudik bersama Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4/2024).

(Dari kiri ke kanan) Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, Jenderal Listyo Sigit Kapolri, dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) meninjau arus mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain itu, lanjut Agus, sejumlah kendaraan penyelamatan juga sudah siap dioperasikan bila terjadi kecelakaan. Kendaraan penyelamat itu disiagakan di jalur laut, darat, dan udara.

“Selain personel, TNI juga menyiapkan peralatan alat angkut darat, laut, dan udara. Kita menyiapkan untuk SAR juga seperti kapal boat, mobil derek, kemudian kita sebar di jalan tol. Apabila terjadi kecelakaan bisa segera terpinggirkan. Kemudian ambulans kita sediakan di titik-titik rawan,” jelas Agus.

Dia memastikan, anggota TNI siap membantu aparat kepolisian selama berlangsungnya arus mudik Lebaran dan memberikan rasa aman kepada pemudik untuk pulang ke kampung halamannya.

“Untuk mitigasi yang akan menggangu jalannya mudik, juga sudah disampaikan oleh Kapolres dan kita TNI akan mendukung. Sehingga pelaksanaan mudik bagi masyarakat berjalan dengan lancar, aman,” jelas Agus.

Sebagai informasi, Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI bersama Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri turut meninjau arus mudik di Terminal Purabaya, pada Kamis (4/4/2024) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs