Sabtu, 4 Mei 2024

Pascagempa di Tuban-Bawean, PLN Pastikan Kondisi Kelistrikan Beroperasi Normal

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi petugas PLN sedang melakukan perbaikan jaringan listrik. Foto: Humas PLN

Pascagempa berkekuatan 6,5 magnitudo di 130 km Timur Laut Tuban, Jumat (22/3/2024) sore, kondisi kelistrikan dipastikan aman dan tidak terdampak.

Sejak gempa pertama yang terjadi Jumat sekitar pukul 11.22 WIB, petugas PLN di lapangan telah melakukan pemantauan dan memastikan tidak ada jaringan maupun infrastruktur kelistrikan yang terdampak dan sistem kelistrikan normal baik di wilayah Tuban, Bawean, Surabaya dan sekitarnya.

“Petugas kami terus memantau kondisi kelistrikan di wilayah Tuban, Bawean, Surabaya dan sekitarnya pascagempa. Saat ini tidak ada jaringan listrik dan gardu yang terdampak gempa,” papar Agus Kuswardoyo General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (23/3/2024).

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter.

Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Sementara itu terhitung per Sabtu (23/3/2024) pagi, pukul 07.00 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi 150 kali gempa susulan usai gempa pertama yang terjadi, Jumat (22/3/2024) siang kemarin.

“Update gempa bumi (Laut) Bawean sampai dengan tanggal 23 maret 2024 jam 07:00, terjadi 150 gempa bumi susulan,” tulis Stasiun Geologi BMKG Pasuruan dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Dari 150 kali gempa itu, dua di antaranya memiliki kekuatan signifikan. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 6,0. Sementara gempa signifikan kedua terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 15.52 WIB dengan magnitudo 6,5.

Episenter gempa ini terletak di 35 kilometer arah barat Pulau Bawean atau 114 kilometer dari arah timur Tuban dengan kedalaman 12 kilometer.

Selain memberi guncangan lebih dahsyat di Bawean, gempa tersebut dirasakan di Surabaya hingga Kulon Progo dan sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan.(azw/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs