Minggu, 19 Mei 2024

PBB: 2,3 Juta Orang di Kamerun Butuh Bantuan Kemanusiaan Mendesak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sebuah keluarga menikmati millet couscous dengan saus okra bersama-sama di Kerawa, wilayah Far North, Kamerun, 7 Agustus 2023. Sebuah keluarga menikmati millet couscous dengan saus okra bersama-sama di Kerawa, wilayah Far North, Kamerun, 7 Agustus 2023. (Xinhua)

Kamerun dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meluncurkan sebuah rencana bantuan kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan mendesak 2,3 juta orang yang paling rentan di negara Afrika Tengah tersebut.

Munurut keterangan resmi PBB yang dikutip Antara, Kamis (18/4/2024), rencana itu membutuhkan sekitar 371,4 juta dolar AS, turun dari 407,3 juta dolar AS pada tahun lalu, dalam bentuk pendanaan guna membantu mereka yang menderita akibat kekerasan, bencana alam, guncangan iklim, dan wabah penyakit.

Sementara itu, dari mereka yang membutuhkan bantuan kemanusiaan di negara tersebut, perempuan dan anak-anak mencakup 77 persen, menurut PBB.

“Komitmen baru dari seluruh komunitas kemanusiaan dan para donatur sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang vital,” kata Coulibaly Siaka Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Kamerun dalam acara peluncuran rencana tersebut di Yaounde, ibu kota Kamerun.

Selain itu, Kamerun sedang menghadapi konflik bersenjata yang berkepanjangan di wilayah Ujung Utara, di mana kelompok teror Boko Haram terus menyerang tentara dan warga sipil, dan di wilayah Anglophone di Barat Laut dan Barat Daya negara tersebut, di mana pemberontakan separatis kian memburuk.

Negara itu juga menampung banyak pengungsi dari Nigeria dan Republik Afrika Tengah. (ant/sya/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs