Rabu, 22 Mei 2024

Pelantikan Ratusan Pejabat Pemkab Sidoarjo Dibatalkan, Selanjutnya Tunggu Izin Mendagri

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo melantik sejumlah pejabat di pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Jumat (22/3/2024). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Ratusan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang dilantik tanggal 22 Maret 2024 dibatalkan pengangkatannya untuk memenuhi ketentuan Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 29 Maret 2024.

Surat Menteri Dalam Negeri tersebut mencantumkan tanggal terakhir penggantian pejabat adalah 22 Maret 2024, enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon kepala daerah 22 September 2024.

Fenny Apridawati Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo mengatakan, awalnya berdasarkan perhitungan Pemkab Sidoarjo tanggal 22 Maret 2024 adalah hari terakhir diperbolehkannya pengangkatan pejabat. Namun setelah pelantikan, Mendagri menerbitkan surat edaran tersebut.

“Pemkab Sidoarjo taat dan patuh pada ketentuan. Jadi, harus dibatalkan. Tapi dalam surat itu kan disebutkan pengangkatan masih boleh dilakukan bila dapat izin tertulis dari Kemendagri. Sekarang kami sedang proses mengajukan izin. Sudah mengajukan surat dan ada surat dari Pj Gubernur Jawa Timur,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Selasa malam (16/4/2024).

Fenny menjelaskan, kalau surat izin dari Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri diterima sebelum tanggal 19 April 2024, para pejabat tersebut akan dilantik kembali.

Perlu diketahui, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) pembatalan tersebut pada tanggal 5 April 2024. SK tersebut berlaku mulai tanggal 19 April 2024, sehingga saat ini pengangkatan tanggal 22 Maret 2024 masih berlaku.

Adapun para pejabat yang dimaksud termasuk Fenny sendiri, bersama Makhmud Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sidoarjo, Dwijo Prawito Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo, Budi Basuki Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo. Juga 69 pejabat administrator, 158 orang pengawas serta 237 Kepala Sekolah Dasar Negeri dan 27 orang Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo melantik Fenny Apridawati sebagai Sekda Sidoarjo di pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Jumat (22/3/2024). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Sebelumnya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo melantik sejumlah pejabat di pendopo Delta Wibawa pada Jumat malam (22/3/2024). Gus Muhdlor berpesan agar jabatan baru yang diemban dapat dijadikan spirit baru untuk lebih mengabdi kepada bangsa. Dikatakannya tugas dan pengabdian melayani masyarakat masih panjang. Oleh karenanya pembangunan Kabupaten Sidoarjo harus terus berjalan.

“Yang baru saja dilantik saya ucapkan selamat, bahwa ini adalah awal yang masih sangat panjang sebagai bentuk pengabdian diri kita kepada Kabupaten Sidoarjo yang kita cintai ini,” ucapnya.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version